06/11/11

Membuat Menu Bar program pada strawberry prolog

Dalam praktikum kali ini kita akan membahas mengenai cara pembuatan menu yang ada pada suatu project atau program prolog.
Menu adalah suatu tampilan yang menyediakan daftar pilihan-pilahan tertentu yang berguna untuk menjalankan perintah-perintah tertentu.

LISTING

?-
window(_,_,win_func(),"Test",50,20,500,500).
win_func(init):-
menu(pop_up,_,_,menu_game(_),"&Menu"),
menu(pop_up,_,_,level(_),"&level"),
menu(right,_,_,help_menu(_),"&help").
help_menu(press):-
shell_execute("login.txt").
menu_game(init):-
menu(normal,_,_,menu_go(_),"&mulai"),
menu(normal,_,_,menu_exit(_),"&keluar").
menu_exit(press):-
close_window(_).

OUTPUT

Gambar1.printscreen jendela kerja

LOGIKA
?- adalah perintah untuk memulai program.
window(_,_,win_func(),"Test",50,20,500,500). Adalah perintah untuk mengatur posisi jendela output yang telah dijalankan pada layar. Didalam listing tersebut maksud dari “Test” ini menandakan nama project atau program,50 adalah jarak dari jendela utama ke jendela output bagian kiri, 20 adalah jarak dari jendela utama ke jendela output bagian kanan,500 adalah jarak dari jendela utama atas sampai ke jendela output bagian bawah,500 adalah jarak dari jendela utama bagian kiri sampai ke jendela output bagian kanan.




Dibawah ini adalah suatu fungsi untuk membuat toolbar menu pada jendala output yang telah dirunning. Menu yang dibuat adalah menu,level dan help.
win_func(init):-
menu(pop_up,_,_,menu_game(_),"&Menu"),
menu(pop_up,_,_,level(_),"&level"),
menu(right,_,_,help_menu(_),"&help").
maksud dari perintah ini adalah menu ini terletak di kiri diatas. sama dengan menu , level juga terletak di kiri atas dan help berada dikanan atas.
Dibawah ini adalah perintah untuk menampilkan suatu file atau data lain didalam menu help.
help_menu(press):-
shell_execute("login.txt").
perintah ini untuk mengakses suatu file atau alamat lain,jika kita klik menu help tersebut maka secara otomatis akan tampil suatu file atau alamat lain. Untuk membuktikannya coba kita buat suatu file dalam bentuk .txt dalam notepad(misal dalam program ini saya buat satu file dengan nama login.text) lalu kita simpan dalam satu folder yang sama dengan folder dimana kita menyimpan program ini. Jika sudah kembali ke prolog dan jalankan program tersebut. Maka akan tampil layar seperti berikut:

Gambar2.keluaran menu help
Dibawah ini adalah perintah membuat menu didalam menu
menu_game(init):-
menu(normal,_,_,menu_go(_),"&mulai"),
menu(normal,_,_,menu_exit(_),"&keluar").
Jadi didalam menu_game terdapat dua buah menu lagi yang diberi nama menu_go dan menu_exit,pada laya menu_go ditampilkan dengan nama mulai dan menu exit ditampilkan dengan nama keluar. Seperti pada gambar dibawah ini:


Gambar3.Output program
Dibawah ini adalah perintah exit atau keluar dari program.
menu_exit(press):-
close_window(_).
Jadi jika kita klik menu exit yaitu keluar maka secara otomtis program berhenti dan jendela output yang sedang dijalankan akan tertutup (sama seperti kita menklik icon x (close) yang berada di pojok kanan atas).

1 komentar:

  1. kawan, caranya membuat help namun dipanggilnya memakai html gimana ya ? terima kasih..

    BalasHapus

 

this is my blog Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang