07/10/11

Lapisan sistem pada linux


Sistem Linux dijelaskan dengan menggunakan lapisan-lapisan sebagai berikut :
Lapisan yang paling dalam adalah komputer dan piranti pendukungnya, seperti disk,tape,printer dan lain-lain. Ini semua disebut perangkat keras sistem.
Di seputar perangkat keras tersebut terdapat sejumlah program yang mengendalikan sumber daya komputer, mengorganisir system file, mengurus disk dan tape. Pengoperasian yang dilakukannya sangat detail sehingga tidak perlu diketahui oleh pemakai. Lapisan ini disebut dengan Kernel.
Kernel menyediakan lapisan dukungan, yaitu berupa program uitlitas, utilitas berfungsi untuk melakukan akses system bagi pemakai.
Lapisan paling luar dari system linux adalah shell. Shell merupakan penghubung anatar pemakai dan system.
Dalam kenyataannya, sesungguhnya shell merupakan bagian dari utilitas. Nmaun karena kerumitannya dan fungsinya yang sedikit unik, maka shell cebderung dianggap sebagai lapis terpisah.
Shell memiliki fungsi untuk menganalisa setiap perintah yang dimasukan melalui prompt linux dan mengeksekusi perintah tersebut. Dan shell juga memiliki kemampuan sebagai interpreter dari bahasa pemrogramannya, yaitu bahasa shell.
Ada tiga jenis shell yang banyak digunakan dibandingkan jenis shell lainnya yang ada pada system linux yaitu ;
1. Bourne shell (sh), adalah shell yang dibuat pertama kali.shell ini merupakan standar shell linux dan selalu ada pada versi linux manapun. Bourne shell menggunakan symbol “$” sebagai karakter prompt.
2. C Shell (csh), adalah shell yang berasal dari Universitas of Barkeley (BSD) dan biasanya didistribusikan pada system BSD saja. Namun akhir-akhir ini C shell juga selalu ada pada linux. Shell ini merupakan perbaikan dari Bourne Shell. C shell menggunakan symbol “%” sebagai karakter prompt.
3. Korn Shell (ksh), adalah shell yang mengadaptasi kemampuan C Shell yang tidak terdapat pada Bourne shell. Di samping itu beberapa kemampuan khusus ditambahkan di dalamnya. Korn shell menggunakan symbol “#” sebagai karakter prompt.

0 komentar:

Posting Komentar

 

this is my blog Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang