05/10/11

Istilah Penting dalam Linux

Assalamualaikum

Haloo… apa kabar??

Kita berjumpa lagi..hehe

Yuk mari kita lanjutkan belajar memahami Linux

Bismillah…


Masih dalam Bab.Pembahasan saya akan memperkenalkan sistem operasi LINUX. Mungkin sebagian dari kalian ada yang belum mengetahui tentang apa saja istilah-istilah penting dalam sistem operasi khususnya linux.
Pada dasarnya istilah tersebut hampir sama dengan istilah-istilah lain dalam sistem operasi lainnya. Berikut penjelasannya :

Kernel
Adalah inti system operasi dalam kode binary yang di-load atau diaktifkan dan dijalankan oleh PC setelah dihidupkan.
- Kernel Monolithic
Adalah kernel “all-in-one”, yang mengandung semua bagian yang dekat dengan system (driver,pengelolaan proses termasuk scheduler,pengelolaan memori dan system file). Kelemahan kernel monolitik ini adalah ukurannya dan tak ada batas antar bagian dalam memori,karma semua komponen dijalankan dalam modis kernel CPU yang terbatas. Besarnya kernel yang aktif dapat dibatasi dengan mengeluarkan bagian-bagiannya (misalnya driver) ke modul atau virtual driver. Kelebihan prinsip monolitik adalah kinerjanya. Nah.. LINUX misalnya salah satu OS yang memiliki kernel monolitik.
- Microkernel
Berbeda dengan kernel monolitik,microkernel hanya berisi bagian-bagian yang terpenting (scheduler,routine,inisalisasi, dan mungkin menajemen memori). Sisanya seperti driver,system file,interface grafis dan komponen jaringan merupakan program biasa bagi kernel. Keuntungannya ia berukuran kecil, lebih sederhana dan batas antara memori komponen kernel dengan komponen user lebih baik. Nah kalo kelemahannya adalah kecepatan yang rendah, maksudnya, perpindahan terus-menerus antara Kernel-Mode dan User-Mode setidaknya memperlambat CPU intel. Contoh OS yang memiliki kernel seperti ini adalah BeOS.

Proses
Pada prinsipnya,sebuah proses terjadi bila sebuah program dijalankan atau start,menduduki sebuah ruang atau alamat memori dan masuk daftar tunggu scheduler. Pembeli perintah start program sendiri merupakan sebuah proses (biasanya sebuah shell) yang disebut proses “parents”.
Proses paling awal dalam system yang secara langsung maupun tak langsung merupakan asal dari semua proses lainnya, terjadi pada start kernel dan disebut ”Init” istilah Task sering digunakan sebagai sinonim proses.
Multitasking
Merupakan prosedur untuk menjalankan beberapa proses secara bersamaan (paralel) pada sebuah CPU.
Multithreading
Threads merupakan bagian dari proses, yang dapat dipisahkan untuk dijalankan secara paralel. Bila pembuat program merencanakan beberapa threads, sebuah system operasi multithreadingdapat menjalankan threads secara paralel pada beberapa hardware (yang terbaik pada beberapa CPU).
Multiuser
Prosedur yang memungkinkan beberapa orang menggunakan computer pada waktu yang sama. Sistem operasi multiuser sudah pasti mampu melakukan multitasking.
SMP
Adalah singkatan dari “ Symetrical MultiProcessing ‘, suatu cara popular untuk menjalankan beberapa CPU yang setara haknya dengan multitasking murni.
Scheduler
Sebuah routine (biasanya bagian dari kernel) yang mengelola daftar semua proses system operasi dalam sebuah atau beberapa antrian.
Prosedur scheduling paling terkenal adalah “ Round-Robin”, yang bekerja dengan sebuah antrian daftar yang sambung-menyambung. Setiap proses mendapatkan interval waktu (quantum).
Berdasarkan daftar antrian, scheduler membiarkan proses demi proses berjalan dan memberikan waktu CPU. Bila sebuah proses belum selesai hingga waktu habis, scheduler menghentikannya dan memberi giliran pada proses berikutnya dalam daftar antrian.
Selain itu ada prosedur scheduling yang sering disebut Preemptives Scheduling atau kadang-kadang disebut “Preemptives Multitasking”. Ada juga Cooperative Scheduling yang mensyaratkan proses untuk memberi tahu scheduler, kapan ia boleh diinterupsi. Kelemahannya, proses yang mengalami crash membuat system operasi dengan prosedur ini lumpuh, misalnya aplikasi 16-bit pada Windows hingga versi 3.11).
Nah,, prosedur kerja system operasi lama,seperti misalnya DOS, yang sebenarnya tak membutuhkan scheduler, dinamakan Run to Completion.


Okeh sekian
Terima kasih
Semoga bermanfaat

Waalaikum salam

0 komentar:

Posting Komentar

 

this is my blog Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang