15/01/10

penerapan komputer season 3

Hmmm..mau nglanjutin pembahasan postingan yang sebelumnya nih..
Okeh langsung saja tanpa basa basi..dlam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang “penerapan komputer dalam bidang kedokteran”
Di bidang kedokteran,komputer banyak digunakan pada klinik-klinik dan rumah sakit untuk membantu para dokter mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat. Dengan memasukan gejala-gejala yang dialami oleh pasien ke computer, maka sang kodok (upps..salah) sang dokter akan segera mendapatkan hasil dari jenis penyakit pasien dan dapat menentukan obatnya.
Komputer mulai dipergunakan untuk menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit untuk dilihat. Sistem CAT (Computerized Axial Tomography),dulu pertama kali ditemukan dignakan untuk menggambar otak pada tahun 1973 dan sekarang CAT digunakan untuk mengambil gambar organ tubuh kita lainnya gag cuma otak looh…horeee (sambil tepuk tangan)..iih apa sih gw lebay ah..okeh lanjut..
Tomography adalah teknik yang mempergunakan sinar-X untuk menganalisis organ tubuh.jadi tanpa harus memotong organ tubuh , dokter dapat meliaht sistim dari tubuh pasien,caranya adalah dengan menyinari bagian yang akan dianaisis dari beberapa sudut penyinaran. Komputer akan menampilkan dalam bentuk gambar tiga dimensi, yang lebih tepat dan jelas daripada hasil pemotretan sinarX yang konvensional.
Sistem CAT digunakan untuk organ tubuh yang tidak bergerak misalnya organ tubuh bagian dalam.
Hmm.. saya menemukan buku lain yang juga membahas tentang ini klo ternyata gag cuma sistem CAT ajah..tp ada sistem baru yang ditemukan seperti DSR (Dynamic Spatial Reconstructor) dan SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography).
DSR (Dynamic Spatial Reconstructor),lain halnya dengan CAT klo CAT untu organ yang TIDAK bergerak klo DSR untuk organ bergerak.DSR dapat menghasilkan 240 gambar pada saat yang sama. DSR akan menampilkan dalam bentuk gambar tiga dimensi dan dapat menhilangkan bagian-bagian yang tidak dibutuhkan guna untuk kebutuhan pemeriksaan.
Klo SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography) juga merupakan sistem komputer yang mendeteksi partikel-partikel yang ditampilkan dalam bentuk gambar. SPECT mempergunakan gas radioaktif.
Selesai deh pembahasan tentang PENERAPAN KOMPUTER dalam BIDANG KEDOKTERAN.
Semoga dapat menambah pengetahuan ibu,bapak,om,tante,abang,kakak dan teman-teman sekalian…hhe

0 komentar:

Posting Komentar

 

this is my blog Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang